7 Tips Belajar Bahasa Asing, Lebih Mudah dan Cepat Terampil

Cawageh.id – Para ahli berpendapat bahwa belajar bahasa asing itu baik dimulai dari usia anak. Terus bagaimana dengan yang sudah dewasa, apa tidak bisa belajar bahasa asing dengan baik? Apa ada cara dan tips belajar bahasa asing secara cepat dan mudah?

Kali ini Cawageh akan bahas 7 tips untuk supaya belajar bahasa asing (Bahasa Inggris, Jepang, Korea, Arab, Perancis, Rusia, Thailand, Belanda, Jerman, Mandarin, dll) lebih mudah dan cepat terampil.

Apalagi kalau Kamu ada rencana backpack ke beberapa negara selama beberapa hari. Tentunya itu butuh mengerti bahasa setempat. Tidak mungkin bukan kita kembali ke masa lalu untuk menjadi anak-anak lagi dan belajar bahasa Inggris, Jepang, Korea, Arab, Jerman, mandarin, dan lainnya?

Dan mungkin ada diantara kamu yang baru sekarang mempunya kesempatan keluar negeri karena mendapatkan beasiswa dari kantor.

Jadi yakin saja, meskipun sudah berumur dewasa kita bisa menguasai bahasa asing dengan mudah. Dicoba dulu ya.

Baca ini:
* Woww, Bahasa Lampung Dialek Api Masuk Google Keyboard

Tips Belajar Bahasa Asing - Ricky Gipson - freeimagescom@
Foto ilustrasi (Sumber: Ricky Gipson/freeimagescom)

7 Tips Belajar Bahasa Asing:

Punya Tujuan yang jelas dan Target yang terukur

Sebelum mulai belajar Bahasa asing hendaknya diputuskan untuk keperluan apa kita menguasai bahasa tersebut?

Karena belajar Bahasa Inggris untuk Tes TOEFL/TOEIC/IELTS berbeda dengan belajar bahasa Inggris untuk jalan jalan ke luar negeri.

Dengan tujuan yang sudah jelas kita temtukan target yang masuk akal dan terukur.

Ada yang mulai belajar bahasa Jerman/Mandarin dengan menghafalkan 25 -50 kosa kata dalam sehari sehingga dengan target yang masuk akal ketrampilan mereka bertambah. Jadi intinya tidak bisa muluk muluk deh…

Latih ketrampilan dengan Eksposur

Untuk melatih keterampilan berbahasa kita perlu mendapatkan eksposur yang rutin.

Mendengarkan lagu, menonton film dan membaca buku/majalah dari bahasa yang sedang dipelajari akan membuat kita merasakan apa yang sedang kita pelajari.

Untuk bahasa Jepang, coba cari lagu Dora Emon versi Jepang, film Dora Emon yang belum di dubbing dan komik Dora Emon dgn huruf kanji akan terasa beda…

Undang ke rumah penutur asli bahasa asing

Jika memungkinkan mengundang ke rumah penutur asli dari bahasa asing yang sedang kita pelajari sangatlah membantu.

Karena dengan berbicara di rumah sendiri rasa canggung dan rikuh jelas berkurang.

Kalau perlu ajak menginap di rumah kita penutur asing tersebut untuk beberapa saat, agar kebiasaan sehari-hari seperti menu sarapan dan kegiatan di pagi hari akan langsung mendapatkan pengalaman dari orang tersebut.

Tips Belajar Bahasa Asing - Gabriella Fabbri - freeimagescom@
Manfaatkan teknologi (ilustrasi, sumber: Gabriella Fabbri – freeimagescom)

Manfaatkan Teknologi

Internet dengan segala kelebihan nya yang tersedia seperti Youtube, Google Translate, atau Update status orang penutur asli di Facebook atau Twitter bisa menjadi referensi Bahasa asing yang sedang kita pelajari.

Cari kenalan dari luar negeri

Cara ini bisa dilakukan dengan bergabung ke salah satu Online Chat yang disediakan oleh banyak website.

Disitu bisa langsung berkomunikasi (dalam bentuk tulisan dan lisan) dalam bahasa asing tersebut, tergantung dari pilihan negara yang kita ikuti pada Online Chat tersebut.

Baca juga:
* Lau Yusheng, Tradisi Imlek Penuh Makna

Jangan Takut Membuat Kesalahan

Sudah menjadi halangan yang lumrah pada mereka yang sedang belajar bahasa asing: Takut Salah.

Mungkin hal ini harus segera di rubah dengan mengubah mindset kita menjadi: Ini bahasa Asing bukan bahasa ibu saya. Jadi kesalahan pun akan terasa tidak membebani.

Terus mencoba dan mencoba, jangan anggap kesalahan itu mengurangi ketrampilan, justru menjadikan kesalahan sebagai pelajaran agar tidak terulang di masa yang akan datang.

Sabar

Nah kalau yang satu ini mesti dimiliki oleh siapapun yang berniat belajar bahasa asing, apalagi usia sudah tidak muda lagi.

Banyak yang belajar bahasa asing ini berakhir dengan sendirinya dan tidak terampil. Penyebabnya adalah kurang sabar dalam belajar.

Perlu diingat bahwa ketrampilan itu tidak ada yang instan. Seperti orang belajar mengendarai mobil, antara menginjak pedal gas, rem atau kopling harus dikuasai satu per satu.

Sehingga ketika sudah terampil bisa mengendalikan mobil tersebut dengan santai tanpa perasaan salah injak atau panik berlebihan ketika melaju di jalan dua arah.

Demikian cara dan tips belajar bahasa asing (Bahasa Inggris, Jepang, Korea, Arab, Perancis, Rusia, Thailand, Belanda, Jerman, Mandarin, dll) yang bisa Cawageh bagikan ke kamu. Semoga bermanfaat ya.