Jason Momoa Ingatkan Bahaya Krisis Global Sampah Laut di PBB

Jason Momoa Pidato di PBB United Nations
Jason Momoa sesaat sebelum mengakhiri pidatonya di Pertemuan Tingkat Tinggi PBB, Jumat (27/09/2019). (Sumber: video UN)

Kamu tahu Jason Momoa bukan? Pemeran Aquaman berbedan kekar itu. Nah, baru-baru ini dirinya menyampaikan pidato yang penuh semangat dan inspiratif di PBB (United Nations/UN).

Jason Momoa mengangkat Small Island Developing States (SIDS), Negara-negara berkembang kepulauan kecil, Jumat, (27/09/2019). Seperti Bahama, Barbados, Mauritius, Papua Nugini, Samoa, dan Haiti – di markas PBB di New York, dalam pertemuan tingkat tinggi tersebut.

Baca juga:
* 7 Foto Instagram Jeremiah Lakhwani Aquaman Indonesia, Bisa Bikin Kelepek-kelepek

Suami dari Lilakoi Moon yang dulu dikenal Lisa Bonet ini, berdiri di depan pertemuan itu sebagai “wakil perorangan dari semua negara kepulauan. Yang menurutnya adalah “garis terdepan” dari krisis lingkungan yang sedang terjadi saat ini.

“Lautan berada dalam situasi darurat”, ia memperingatkan.

“Seluruh ekosistem laut menghilang dengan pemanasan suhu laut. Dan saat sampah dunia kita bermuara di perairan kami, kita menghadapi krisis pencemaran plastik yang dahsyat.” Ujarnya.

“Kita semua adalah penyakit yang sedang menginfeksi planet kita,” Ujar pria bernama lengkap Joseph Jason Namakaeha Momoa itu.

Ia mengatakan, “memalukan” sekarang ada lebih banyak partikel plastik di lautan daripada bintang yang ada di ‘Bima Sakti’.

“Negara-negara kepulauan berkontribusi paling sedikit terhadap bencana ini, namun mereka dibuat menderita dengan konsekuensinya,” tambahnya.

Pemeran Khal Drogo di Game of Thrones ini memohon pemerintah dunia dan kekuatan korporasi untuk segera mengambil tindakan, menangkal kerusakan lingkungan tersebut.

“Orang-orang akan meminta pertanggungjawaban pemerintah dan perusahaan kita atas kerusakan yang Anda izinkan pada lingkungan kita,” katanya.

Aktor gagah ini menekankan pentingnya persatuan dalam skala global untuk melindungi dan melestarikan lingkungan.

“Sekali lagi, mari bawa keharmonisan antara umat manusia dan keseimbangan alam dunia kita”. Imbaunya.

“Sebagai manusia, kita membutuhkan bumi untuk bertahan hidup. Tapi jangan salah – bumi tidak membutuhkan kita,” katanya tentang krisis global.

Jason Momoa mengakhiri pidatonya dengan membacakan pepatah pulau asalnya, “canoe in the middle of the sea. ‘Seperti sampan yang ada di tengah laut’.

Baca juga:
* Pete Cashmore: Blogger Sukses yang Terkenal dan Low-Profile

Selesai pidato, Momoa mengunggah postingan di akun instagramnya. Menggambarkan pidatonya sebagai sebuah momen yang mengubah hidup dan sebuah kebanggaan.

Setelah pelepasan pidatonya, Momoa berbagi posting di Instagram di mana ia menggambarkan penampilannya di acara itu sebagai “momen yang mengubah hidup” dan “kehormatan sejati”.