Instagram Ujicoba Hilangkan ‘Jumlah Like’

Instagram Hilangkan Jumlah Like
Instagram Hilangkan Jumlah Like

Pertengahan bulan April beredar kabar kalau Instagram akan melakukan perubahan kecil mengenai desainnya. Perubahan kecil namun bisa memiliki pengaruh yang besar sepertinya.

Dikabarkan Instagram akan menghilangkan ‘jumlah like’ pada foto dan video yang kita unggah ke platform berbagi foto ini. Dengan demikian kita tidak bisa lagi melihat jumlah like di foto/video orang lain. Dan orang lain tidak bisa melihat jumlah like di foto kita.

Dan ternyata kabar burung itu benar adanya. Instagram telah meluncurkan uji coba menyembunyikan jumlah Like pada foto dan video. Uji coba ini dilakukan khusus untuk seluruh pengguna Instagram di Kanada.

Perubahan ini dilakukan Instagram agar seluruh penggunanya fokus saja pada foto-foto yang dibagikan. Bukan pada like yang didapat. Hal tersebut dinyatakan pada pesan yang ditampilkan saat pengguna membuka aplikasi Instagram selama ujicoba.

“We want your followers to focus on what you share, not how many likes your post gets. During this test, only you will able to see the total number of likes on your posts”. Begitu pesannya.

Baca juga:
* Layaknya Angkatan Milenial, Simpanse Ini Pintar Main Instagram

Instagram hiding likes - instagram menghilangkan jumlah likes
(Sumber: Petapixel.com)

Kamu masih bisa bisa melihat jumlah ‘likes’ pada konten kamu sendiri. Kamu tidak bisa melihat jumlah total likes di akun teman yang kamu follow.

Instagram ingin penggunanya lebih fokus pada konten yang dibagikan, daripada hanya sekedar ‘kontes popularitas’ saja.

Hal ini dilakukan Instagram karena adanya ‘industri influencer’ yang meledak hingga saat ini. Banyak yang menjadikan banyaknya ‘like’ sebagai sebuah ukuran dalam ‘industri influencer’ tersebut.

Bahkan ada yang sampai melakukan jual/beli follower dan like. Dan diketahui, banyak yang sampai membayar sejumlah uang dalam ukuran besar untuk ‘like’ palsu dengan akun bot.

Baca juga:
* “Drama” Pemilik Hotel vs Influencer, Ini Gara-garanya!

Instagram memperkirakan industri “influencer Instagram” ini bisa mencapai $ 10 miliar di tahun 2020. Jumlah yang banyak banget ya. Dan akan semakin banyak pengguna yang terobsesi memiliki banyak ‘like’.

Menghapus jumlah ‘like’ hanyalah satu perubahan kecil, namun secara dramatis dapat mengubah kembali ke fungsi awal Instagram sebagai sarana berbagi foto.

Kamu tidak perlu membanding-bandingkan pengaruh dan populritas satu sama lain.

Nah, kita tunggu saja perkembangan dari ujicoba ini.

Apakah Instagram akan benar-benar menghapus jumlah ‘like” atau tidak untuk semua pengguna, tergantung pada bagaimana pengguna Instagram Kanada merespons perubahan ini.

Bagaimana dengan kamu, pengguna Instram, di Indonesia. Apa kamu setuju dengan kebijakan Instagram untuk menyembunyikan jumlah like di foto kamu, sehingga follower-mu tidak bisa melihatnya?