Siap-siap! Facebook Mulai Hilangkan ‘Like’

Facebook Hilangkan Like
Facebook hilangkan Like?

Kalau postingan temanmu mendapat banyak like, kamu cemburu. Dan saat postinganmu tidak mendapat banyak like, kamu merasa malu. Dan saat kamu mengejar jumlah like, hidupmu jadi berubah hanya melihat seberapa banyak like yang dihasilkan.

Itulah mengapa Facebook secara resmi mulai menghilangkan jumlah like pada postingan. Dimulai di Australia sejak tanggal 27 September 2019. Demikian dilansir di techcrunch, Jumat (27/09/2019).

Hanya pemilik akun yang dapat melihat jumlah like postingannya sendiri. Orang lain hanya bisa melihat siapa yang memberi like, namun tidak bisa melihat berapa orang yang memberi acungan jempol dan reaksi lainnya.

Baca juga:
* Instagram Ujicoba Hilangkan ‘Jumlah Like’

Facebook Hilangkan Like - techcrunch
Perbedaan tampilan, sebelum dan sesudah Facebook hilangkan like. (Sumber: techcrunch)

Ujicoba menyembunyikan jumlah like di Facebook ini sejalan dengan ujicoba di Instagram. Sebelumnya Instagram sudah memulai, sejak April 2019, menghilangkan like di Kanada. Lalu dilanjutkan di 6 negara lainnya di bulan Juli.

“Kami melakukan ujicoba terbatas, dimana jumlah like, reaksi, dan hitungan video view dibuat menjadi private di Facebook,” Kata juru bicara Facebook kepada Techcrunch.

“Kami akan mengumpulkan umpan balik, untuk memahami apakah perubahan ini memberikan peningkatan dalam pengalaman pengguna,” lanjutnya.

Dijelaskan lebih lanjut, kalau test ini berhasil meningkatkan rasa nyaman tanpa keterlibatan pengguna Facebook, bisa jadi uji coba akan dilakukan di negara lain.

Atau bahkan bisa jadi diberlakukan kesemua pengguna. Namun dijelaskan juga, tidak ada tes lebih lanjut untuk saat ini.

Facebook Hilangkan Jumlah Like - techcrunch
Kamu masih bisa melihat tombol like dan jumlah komentar. (Sumber: techcrunch)

Hal ini dilakukan, karena pihak jejaring sosial yang berpusat di California ini, ingin membuat penggunanya merasa nyaman dalam mengekspresikan diri mereka.

Pengguna lebih baik fokus saja pada kualitas apa yang mereka share dan bagaimana postingan tersebut menghubungkan mereka dengan orang-orang yang mereka kasihi. Bukan fokus pada jumlah orang yang memberi ‘jempol’.

Seperti yang kamu lihat, tombol Like masih tetap terlihat. Jumlah komentar masih ditampilkan, plus wajah dan nama beberapa orang yang menyukainya.

Secara teknis kita masih dapat masuk ke daftar orang yang menyukai pos dan menghitung jumlah like. tetapi tes tersebut menghentikan Facebook dari menampar orang di depan dengan rasa tidak aman.

Baca juga:
* Apa Itu Influencer? Ini Penjelasan Lengkapnya

Apa kamu influencer yang mengandalkan jumlah like?

Bagaimana menurutmu kebijakan Facebook menghapus jumlah like ini? Setuju kah?

Bagaimanapun itu, siap-siap saja ya. Kita fokus saja dalam posting hal-hal positif dan bermanfaat.

Jadi, meskipun Facebook hilangkan like dari unggahanmu, kamu bisa tetap nyantai.